Lompat ke konten

10 Fungsi Vertical Garden Terbaik

Jasa taman Surabaya Fungsi vertcal garden

Jasa Taman Surabaya tentang fungsi vertical garden baik untuk lingkungan maupun manusia, karena setiap konsep taman jelas mempunyai tujuan dan fungsi vertical garden.

Taman vertikal saat ini sangat umum di kota-kota kita, di mana perlakuan khusus untuk dinding ini digunakan baik pada fasad bangunan umum maupun untuk proyek properti pribadi.

Apakah Anda suka bertaman, tetapi tidak memiliki cukup ruang di rumah Anda untuk memelihara taman? Maka taman vertikal mungkin bisa menjadi solusi untuk masalah Anda.

Bertaman vertikal tidak hanya menjadi tren populer akhir-akhir ini, tetapi juga memiliki manfaat estetika, fisiologis, ekonomi, dan lingkungan dengan menanam beberapa tanaman vertical garden hingga instalasi dalam ruangan.

Apa Yang Dimaksud Vertical Garden?

Pertanyaan lain yang sering saya tanyakan adalah “apa itu taman vertikal?” Sederhananya, bertaman vertikal menumbuhkan sesuatu ke atas daripada secara menyamping (horisontal).

atau ada yang menyebut dengan istilah lain yaitu wall gardening adalah konsep membuat taman yang lokasi areanya pada dinding bukan pada area halaman rumah.

Vertical garden adalah sistem pertumbuhan yang inovatif dan sangat produktif dalam fungsi vertical garden yang menggunakan dukungan bottom-up dan top-down untuk berbagai macam tanaman di ruang taman kecil dan besar.

Tanaman ditanam dengan arah vertikal ke atas, sehingga memanfaatkan ruang yang ada secara optimal. Sebuah taman vertikal, atau dinding hijau dapat dilekatkan pada eksterior atau interior sebuah bangunan.

Baca juga 7 Manfaat Vertical Garden Green Wall Outdoor Terbaik

Ini berbeda dari fasad hijau di mana tanaman berakar dalam dukungan struktural yang diikat ke dinding itu sendiri. Mereka menerima air dan nutrisi dari dalam dukungan vertikal, bukan dari tanah sehingga fungsi vertical garden lebih efisien.

Dalam kultivasi kecil yang cerdas, berbagai wadah atau kotak sederhana dapat digunakan untuk menanam buah-buahan, sayuran atau bunga dari tanah ke atas.

Jadi, selain merawat tanaman di hamparan bunga kotor yang besar di tanah, Anda dapat menanamnya di struktur apa pun yang Anda inginkan.

Contoh alami tanaman yang ditanam secara vertikal termasuk ivy dan tanaman hijau panjat lainnya. Dengan menggunakan sedikit kecerdikan,

orang telah mengadaptasi pertumbuhan sehingga fungsi vertical garden bisa untuk menanam semua jenis bunga, buah-buahan dan sayuran.

Pengintip bertaman yang cerdas telah menemukan cara yang benar-benar tidak terbatas untuk menumbuhkan apa pun yang Anda inginkan.

Baca juga 30 Contoh Taman Vertikal Garden Terbaik

Dengan menggunakan ide dengan mengetahui secara pasti karakteristik vertical garden ini, maka dapat menumbuhkan semua tanaman Anda dengan cara yang hampir tak terbatas.

Menanam di dinding, digantung di balok, ditumpuk di pot atau di rak adalah solusi sederhana.

Jaring, pagar, pagar, tiang atau segala jenis bingkai taman juga dapat digunakan. Ini dapat dilakukan di dalam atau di luar rumah anda.

Menggunakan multi-layer juga berarti Anda mendapatkan lebih banyak panen per area ruang tanah, dengan cara membuat vertical garden adalah salah satu metode yang sangat populer untuk pertanian perkotaan.

Apakah Anda ingin mencerahkan ruang taman, menambahkan beberapa warna ke ruangan atau bahkan menanam beberapa makanan segar Anda sendiri, bertaman vertikal tidak diragukan lagi akan menjadi solusi ideal untuk situasi Anda.

Namun tetap saja konsep vertical garden ini mempunyai kekurangan vertical garden apabila dibandingkan dengan horizontal garden yaitu dari segi biaya pembuatan vertical garden akan lebih mahal.

Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan gambar :

Jasa Taman Surabaya : 10 Fungsi Vertical Garden

Apakah Anda ingin menikmati alam dari dalam rumah, kantor, atau ruang dalam ruangan lainnya?
Pikirkan taman vertikal, cara berkelanjutan untuk membawa keluar masuk.

Taman Vertikal adalah tren luar biasa dalam arsitektur berkelanjutan yang dapat menambah keindahan dan fungsionalitas ruang dalam dan luar ruangan.

Baca juga 30 Contoh Taman Vertikal Garden Terbaik

Namun, mereka jelas bukan hanya bunga dinding. Sebaliknya, taman vertikal memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita serta memperbaiki lingkungan.

Berikut adalah Fungsi Vertical Garden Bagi Manusia:

1. Dapat Meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda:

Menurut banyak penelitian, fungsi vertical garden pada tanaman sangat membantu dalam mengurangi tanda-tanda fisik stres dan juga meningkatkan kesejahteraan psikologis orang.

Tanaman melawan penyakit pernapasan dan memperbaiki masalah kardiovaskular dengan memproduksi oksigen dan memurnikan udara yang mengurangi masalah seperti masalah pernapasan dan tekanan darah.

Fungsi vertical garden memberikan perlindungan terhadap penyakit dan/alergi yang disebabkan oleh gas berbahaya dengan mengurangi paparan serbuk sari lokal.

Bentuk fungsi vertical garden yang lain adalah dapat membantu mencegah batuk karena tanaman meningkatkan kelembaban di udara, yang melembabkan selaput lendir, tenggorokan, dan kulit.

Adapun manfaat mental, diketahui bahwa fungsi vertical garden meningkatkan konsentrasi dan suasana hati, mengurangi stres dengan memberikan rasa relaksasi, belum lagi kelegaan visual yang mereka tawarkan saat direnungkan.

2. Dapat Taman vertikal menghemat ruang Anda.

Ruang luar yang besar sekarang menjadi sejarah atau kemewahan! Sebagian besar dari kita sekarang memiliki ruang luar ruangan atau tempat tidur bunga berukuran sedang atau kecil di rumah kita.

Fungsi vertical garden dapat dibuat dalam ruang kecil seperti itu juga bisa digunakan untuk bertaman, ahh tidak… bertaman vertikal! Ini menggunakan sedikit ruang untuk menanam,

dan Anda dapat memiliki tumpukan tanaman yang disusun secara vertikal satu per satu atau menggantung beberapa di pot gantung yang cantik.

Anda hanya perlu memastikan bahwa tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Fungsi vertical garden

Bagaimana Taman Vertikal Bermanfaat Bagi Lingkungan

Fungsi vertical garden memiliki dampak lingkungan yang luar biasa. Jika dimanfaatkan secara massal dan benar, taman vertikal memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Dengan hadirnya sebuah taman vertikal akan dapat memberikan manfaat yang positif bagi lingkungan sekitar antara lain:

3. Peningkatan kualitas udara

Salah satu fungsi vertical garden adalah tanaman di taman vertikal menyaring partikel dari udara dan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.

Satu meter persegi ruang tanaman akan menghasilkan pasokan oksigen yang setara dengan satu tahun untuk manusia dan menjebak 130g debu.

Adapun jenis tanaman apa yang cocok untuk di dalam ruangan, sukulen, rumput, dan semak abadi tumbuh subur di ruang kecil, seperti halnya pakis dan tumbuhan.

4. Isolasi bangunan

Fungsi vertical garden selanjutnya adalah taman vertikal juga bertindak sebagai isolator termal, solusi hijau ini menurunkan suhu di dalam gedung hingga lima derajat, yang berarti lebih sedikit AC yang diperlukan, sehingga menghemat energi.

5. Dapat Meningkatkan Kualitas Ruang

Fungsi vertical garden adalah sebuah taman vertikal jelas merupakan cara unik untuk memiliki taman kota Anda sendiri atau untuk mengatur tanaman, dan juga berfungsi sebagai elemen dekoratif yang membawa sentuhan alam ke ruang Anda.

Jika Anda memiliki taman vertikal di ruang kerja Anda, produktivitas Anda akan meningkat. meningkatkan.

Tanaman pasti memiliki efek positif pada semua manusia. Dalam studi terbaru oleh Universitas Princeton, 90% karyawan menyatakan bahwa tanaman membantu kepuasan mereka di tempat kerja.

Fungsi vertical garden adalah kami mengkhususkan diri dalam meningkatkan ruang interior dan eksterior, termasuk halaman, balkon, halaman belakang, proyek komersial, dan ruang publik.

6. Dapat sebagai perisai pelindung.

Fungsi vertical garden yaitu pada tanaman dapat menyerap polutan dan senyawa berbahaya lainnya, sehingga taman vertikal berfungsi sebagai perisai pelindung dan memberi Anda lingkungan yang murni untuk bernapas.

7. Mengurangi polusi suara:

Tanaman di taman vertikal mampu menyerap hingga 50% kebisingan yang dihasilkan di kota besar. Kebisingan dapat dikurangi hingga 10 desibel, yang menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Faktanya, taman vertikal memiliki kapasitas untuk menyerap 41% lebih banyak kebisingan daripada taman tradisional.

8. Dapat Meningkatkan keanekaragaman hayati

Tanaman di taman vertikal akan mempromosikan habitat burung, kupu-kupu, dan serangga, terutama di lingkungan perkotaan.

Secara umum, ekosistem perkotaan mempromosikan habitat lebih banyak spesies di dalam kota, sehingga fungsi vertical garden dapat membantu meningkatkan keanekaragaman hayati lingkungan.

9. Menstabilkan air hujan

Fungsi vertical garden dapat menyerap air hujan melalui tanaman, menjadi cadangan air alami. Ini memperlambat pembuangan hujan ke sistem saluran pembuangan, memurnikan air hujan, dan juga mengembalikan air ke ekosistem melalui penguapan.

Semua ini membantu menstabilkan permukaan air tanah, mengurangi beban puncak pada sistem pembuangan limbah, dan mengurangi risiko banjir.

Fungsi vertical garden adalah Taman vertikal menjadi fitur yang lebih umum dan bagi banyak orang, gaya hidup. Kota-kota besar lebih banyak mengadopsinya,

tidak hanya untuk manfaat visualnya tetapi juga untuk menyeimbangkan lanskap perkotaan dan meningkatkan kesehatan dan keberlanjutan

10. Menjaga privasi.

Fungsi vertical garden selanjutnya adalah anda dapat menumbuhkan taman vertikal di luar jendela agar tetap tersembunyi dari orang luar. Ini juga akan memberi Anda lebih banyak naungan dari sinar matahari dan privasi dari keramaian.

Fungsi vertical garden

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Vertical Garden

Berencana untuk membangun taman vertikal sederhana anda berikut adalah beberapa bahan material dan peralatan yang harus anda siapkan:

Baca juga Biaya Pembuatan Vertical Garden Per Mater M2 Murah

Bahan Material :

  • Panel mesh 1m x 2m yang dilas.
  • Bahan pagar yang digulung dengan ruang persegi panjang sangat cocok.
  • Graeme menggunakan gantung menyamping ini tetapi jaring penguat beton mungkin berlebihan.
  • Jangkar dinding tiga lengan per panel pagar, jika Anda memiliki dinding pasangan bata.
  • Baut ini harus sepanjang mungkin, 12mm x 140mm harus memadai.
  • Jika dinding atau pagar Anda bukan dari pasangan bata, tanyakan di toko perangkat keras tentang metode terbaik untuk menggantung jala.
  • Sekitar 100 botol plastik susu 3 liter dan sekitar selusin pot plastik komersial untuk baris paling atas, karena sinar matahari akan mendegradasi botol susu di sana.
  • Kegunaan pisau. Bor, dan sedikit untuk mencocokkan diameter kawat mesh — untuk mengebor lubang di botol susu.

Peralatan:

  • Apa pun yang Anda butuhkan untuk memotong kawat pagar, seperti penggiling sudut, gergaji besi, atau pemotong baut.
  • Mata bor batu agar pas dengan bor palu atau palu putar, agar sesuai dengan diameter jangkar berlengan yang masuk ke dinding.
  • Detektor tegangan.
  • Kunci pas untuk mengencangkan jangkar dinding.
  • Pita pengukur dan pensil.
  • Tingkat semangat. Semakin lama semakin baik.

Keamanan:

  • Periksa tidak ada layanan listrik atau air di bagian dinding tempat Anda mengebor. Konsultasikan dengan profesional, periksa rencana, dan gunakan detektor tegangan berkualitas.
  • Gunakan pelindung untuk telinga, mata, tangan, kulit, hidung dan mulut saat menggiling dan mengebor.
  • Terlepas dari bahaya yang nyata, penggilingan logam galvanis dapat melepaskan bahan kimia berbahaya.
  • Bekerja dengan orang lain di rumah jika terjadi keadaan darurat. Pastikan mereka tahu di mana dan bagaimana mematikan listrik utama.
  • Hindari mengebor di tangga atau di atas ketinggian kepala, jika memungkinkan.

Bagaimana Cara Membuat Vertical Garden

Cara membangun taman vertikal:

  • Potong potongan jaring di tempat Anda ingin meletakkan botol, sisakan sekitar 15mm lebar kawat di setiap sisinya, tergantung lebar botol susu Anda. Ini akan masuk ke dalam lubang di sisi botol dan menahannya di tempatnya. Jika menggunakan pot plastik komersial untuk baris paling atas, sesuaikan ukurannya.
  • Mintalah seorang teman membantu memegang jala pada posisinya di dinding dan luruskan menggunakan level spirit.
  • Tandai posisi yang diinginkan dari dua jangkar dinding atas. Graeme berjarak sekitar 300mm dari setiap tepi pagar, dan sekitar 300mm dari atas. Jaring akan bertumpu pada jangkar dinding.
  •  Tandai posisi jangkar bawah sekitar pertengahan dan sekitar 300mm ke atas dari bagian bawah jaring.
  • Bor lubang, masukkan jangkar dinding, dan kencangkan. Relawan Anda mungkin mengadakan vakum di bawah bor untuk meminimalkan pembersihan.
  • Potong botol susu di bawah pegangan dan pada sudut sekitar 30 derajat.
  • Buat lubang di setiap sisi botol susu, dekat dengan sisi miring. Ini untuk lug kawat jala yang tertinggal saat memotong jala. Pilih satu set ukuran dan gunakan untuk setiap botol.
  • Bor enam lubang di sudut bawah depan setiap botol untuk drainase.
  • Gunakan batu di bagian bawah pot atau botol susu untuk membantu drainase, lalu kombinasikan tanah liat berkualitas baik dan kompos atau campuran pot dan tanam!

Apa Saja Manfaat Taman Gantung?

1. Tumbuh Lebih Banyak dalam Ruang Lebih Sedikit

Menanam tanaman secara vertikal berarti Anda dapat memiliki lebih banyak jenis tanaman dalam tapak yang sama. Anda dapat menumpuk wadah dengan tanaman kecil, atau melatih tanaman merambat yang lebih besar di teralis sehingga mereka tidak mengambil alih seluruh taman.

Pilihan yang baik untuk wadah bertumpuk meliputi: selada dan sayuran hijau lainnya; lobak, wortel, dan sayuran akar kecil lainnya; herbal, dan stroberi. Menara kentang cocok di beberapa area.

Tanaman sayuran yang teralis dengan baik antara lain: mentimun, tomat, kacang polong, kacang polong, melon, labu musim dingin, dan labu. Buah yang lebih besar mungkin membutuhkan dukungan tambahan.

2. Sirkulasi Udara Lebih Baik

Teralis meningkatkan aliran udara sehingga daun lebih cepat kering. Ini mengurangi risiko penyakit jamur.

Bertaman vertikal juga merupakan keuntungan untuk memerangi patogen tular tanah. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan mulsa, penyakit tanah menyebar jauh lebih lambat. (Atau mereka tidak menyebar sama sekali.)

3. Lebih Sedikit Tekanan Hama

Mengurangi kerusakan hama adalah keuntungan bertaman vertikal lainnya. Ibuku jarang menyempatkan diri untuk menjemur tomatnya, dan kami selalu menemukan tomat yang rusak karena tikus dan siput saat panen.

Melatih tanaman Anda melindungi tanaman dari hama yang tinggal di tanah. Itu tidak sepenuhnya menghilangkan kerusakan, tetapi itu membantu.

4. Mengkompensasi Tanah yang Buruk

Tempat tidur yang ditinggikan dan taman kotak/kontainer adalah pilihan yang bagus di tempat yang tanahnya buruk – atau Anda tidak memiliki tanah (seperti taman teras).

Saya pikir video selang waktu membuat tempat tidur taman lasagna ini adalah contoh yang bagus untuk menciptakan sesuatu dari ketiadaan dengan upaya sore hari dan campuran sebagian besar bahan daur ulang.

5. Lebih Mudah Pengendalian Gulma

Saya menggunakan beberapa gulma saya untuk makanan dan obat-obatan, tetapi saya tidak membiarkan mereka tumbuh sepenuhnya di luar kendali.

Saat tanaman dilatih, lebih mudah untuk membuat mulsa di sekitarnya. Ini adalah manfaat lain dari berkebun vertikal.

6. Akses Taman Lebih Mudah

Bagi mereka dengan mobilitas terbatas karena alasan kesehatan, tempat tidur yang ditinggikan dapat memungkinkan berkebun lagi. Wadah penyiraman sendiri dan penanam gantung yang ditempatkan pada ketinggian yang nyaman memungkinkan bahkan mereka yang memiliki kursi roda atau pejalan kaki untuk merawat tanaman.

7. Menciptakan Iklim Mikro

Di daerah kami, dengan fungsi vertical garden dengan menanam tanaman yang lebih tinggi dan menempatkan teralis ke utara untuk menghalangi angin.

Jika Anda memiliki tanaman yang membutuhkan suhu yang lebih dingin, Anda dapat menempatkan tanaman tinggi dan teralis untuk memberikan keteduhan dari sinar matahari.

Menanam tanaman lanskap yang dapat dimakan sebagai dinding hijau pelindung di sekitar taman Anda dapat membantu melindungi bibit yang lembut dan suhu panas dan dingin yang sedang.

8. Tempat Berlindung dan Melindungi Rumah Anda

Ditanam di sisi selatan (sisi utara di belahan bumi selatan), tanaman merambat gugur, pohon dan semak melindungi rumah Anda dari matahari musim panas. Daun mengeluarkan kelembapan, yang juga menciptakan efek pendinginan.

Di iklim dingin, tanam pohon dan semak belukar untuk menghalangi angin yang bertiup untuk mengurangi beban pemanasan Anda.

Menanam pohon cemara penahan angin adalah salah satu tugas pertama yang kami tangani setelah pindah ke pedesaan.

Fungsi vertical garden terdapat tanaman menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen, sehingga mereka juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara.

9. Menambahkan Privasi

Pagar dan teralis yang ditempatkan secara strategis dapat melindungi jendela rumah dan ruang luar Anda dari orang yang terlalu penasaran.

Anda juga bisa menggunakan pot tanaman gantung atau berjenjang di dalam dekat jendela untuk menghadirkan ruang hijau di dalamnya.

Bentuk lain fungsi vertical garden dapat melindungi pemandangan yang tidak sedap dipandang, seperti tong sampah atau jalan raya yang ramai.

10. Lebih Bersih, Panen Lebih Mudah

Keuntungan berkebun vertikal lainnya adalah tomat, kacang, dan mentimun saya yang teralis bersih langsung dari pokok anggur.

Ini jauh dari hasil bumi yang tertutup lumpur dan debu yang saya ingat berkumpul sebagai seorang anak. Jauh lebih mudah untuk memetik kacang polong daripada menghabiskan berjam-jam membungkuk di atas barisan kacang polong.

Fungsi vertical garden dapat berkebun vertikal memudahkan untuk menemukan produk yang rusak dan menggunakannya sebelum rusak, karena benjolan dan memar tidak tersembunyi di bawah kotoran.

11. Elemen taman vertikal terlihat keren!

Saya suka melihat kebun saya hampir sama seperti saya suka makan tanaman. Berkeliaran melalui taman, itu menyenangkan untuk melihat tanaman merambat membuntuti teralis dan melihat salad hijau dilindungi dari melesat di tempat teduh. Tanaman rendah, menengah dan tinggi bersenandung dengan penyerbuk.

Di rumah pertama kami, teralis mawar panjat yang indah menarik perhatian siapa pun yang berkendara melewati lingkungan sekitar,

membawa percikan warna yang besar untuk menyambut tamu. Saya akan memberitahu orang-orang yang mencari rumah kami untuk “menjaga bunga”.

Bagi anda yang sedang mencari layanan jasa pembuatan vertical garden silahkan hubungi kami jasa taman Surabaya untuk berkonsultasi lebih jelas tentang mekanisme pembuatan dan lainnya.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Heit, Butuh Jasa Taman Ya..!!
Open chat
Aghna Garden
Silahkan Chat Untuk Info Lebih Detail