Lompat ke konten

Biaya Pembuatan Vertical Garden Per Mater M2 Murah

Fungsi vertical garden

Jasa Taman Surabaya. Tentang anggaran biaya pembuatan vertical garden per meter M2 dengan sistem borongan harga vertical garden per meter mungkin dalam konteks ini spesifikasi dari vertical garden seperti apa?

Konsep sederhana yang dibuat sendiri dengan membeli bahan materialnya saja atau menyerahkan semua pekerjaan dan semua bahan kepada vendor jasa pembuatan vertical garden profesional seperti kami Jasa taman Surabaya.

Tentunya cara membuat vertical garden lebih murah jika dilakukan sendiri dengan desain konsep sederhana, mungkin anda tinggal membeli bahan sebagai rak, pot dan tanaman hias

Tentunya ini akan mempengaruhi biaya pembuatan vertical garden per meternya. Dan tentunya ini tidak sesuai dengan standar vertical garden yang sebenarnya.

Ya mungkin taman vertikal garden yang biasa dibuat pada teras rumah tidak dalam ruang formalitas seperti taman vertikal indoor pada lobi hotel atau lainnya.

Atau taman vertikal outdoor pada area dinding hotel, dinding mall atau lainnya sehingga dalam lanjutan postingan kali ini kami juga akan memberikan contoh taman vertikal garden sesuai standar dan contoh taman vertikal sederhana.

biaya pembuatan vertical garden per meter M2
Biaya pembuatan vertical garden per meter M2 untuk konsep desain vertical garden minimalis dengan sistem borongan terima beres dari kami jasa taman Surabaya kisaran harga vertical garden per meter 1,3 juta hingga 2 juta tergantung luas area instalasi.

Baik itu harga vertical garden sintetis (tanaman hias buatan) maupun vertical garden alami (natural). Mungkin cara membuat vertical garden sintetis lebih praktis dalam pemasangan tanpa membuat instalasi penyiraman.

Tetapi kami sebagai jasa taman Surabaya yang melayani jasa pasang vertical garden menghitung biaya pembuatan vertical garden harga vertical garden per meter secara global dari mulai material dan upah pekerja/tukang.

Baca juga 30 Contoh Taman Vertikal Garden Terbaik

Untuk itu harga pembuatan vertical garden dengan menyewa layananan jasa tukang taman biaya akan jauh lebih mahal, tetapi keuntungan tingkat resiko kegagalan lebih rendah, hemat tenaga dan waktu anda.

Kami jasa taman Surabaya melayani jasa pembuatan taman vertikal di seluruh kota besar di Indonesia. Termasuk pembukaan cabang layanan jasa pembuatan vertical garden jakarta. Silahkan kontak kami lebih detailnya.

Jasa Taman Surabaya Biaya Pembuatan Vertical Garden

Ketika kita berbicara tentang taman vertikal (vertical garen), perbedaan utama yang harus digambar adalah antara pertanian/taman produk vertikal dan taman dekoratif/estetis vertikal.

Kebun produksi vertikal dapat berkisar dari taman palet DIY hingga pertanian vertikal komersial, yang menggunakan sistem pertumbuhan berjenjang untuk menghasilkan herba, sayuran hijau, dan tanaman hasil tinggi lainnya.

Taman vertikal keindahan/estetis terutama adalah apa yang akan Anda lihat di ruang perkotaan, bagian dari tanaman hijau yang menutupi sisi bangunan kota.

Melalui postingan kami jasa taman Surabaya, kita akan berbicara tentang taman vertikal yang estetis, mungkin dalam postingan berikutnya kita beralih ke pertanian vertikal.

Untuk biaya pembuatan vertical garden per meter M2 antara Rp. 1.500.000 sampai Rp. 2.500.000 tergantung luas area pemasangan dan ketinggian medan area lokasi, harga sistem borongan terima beres sudah termasuk instalasi penyiraman.

Anda akan belajar mengapa kota-kota melemparkan tembok hijau di tempat pertama (ini lebih dari sekadar penampilan)

dan bagaimana pertanian vertikal komersial mendorong batas-batas seperti apa kultivasi hari ini dan dampak vitalnya di masa depan.

Faktor Mempengaruhi Biaya Pembuatan Vertical Garden

Salah satu pertanyaan pertama yang biasanya ditanyakan oleh calon klien kami adalah, “Berapa biaya dinding hidup?”

Jawaban: biaya pembuatan vertical garden per meter M2, ditambah berbagai faktor.

Mari kita lihat apa yang mempengaruhi biaya dinding hidup sehingga anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kami menentukan biaya pembuatan vertical garden per meter M2 proyek dan apa yang mungkin Anda bayar.

Ukuran Instalasi

Faktor nomor satu yang mempengaruhi biaya pembuatan vertical garden per meter M2 adalah ukuran instalasi. Semakin besar instalasi, semakin besar biayanya.

Ini benar-benar sederhana. Dalam bisnis, kami biasanya menetapkan harga berdasarkan meter persegi instalasi. Harga rata-rata dapat berkisar dari Rp. 1,5 juta hingga Rp. 2,5 juta per meter persegi dinding.

Jenis Bahan Material Bingkai

Banyak dinding hidup dirancang dalam bingkai yang indah dan berani. kita dapat menambahkan berbagai bingkai berbeda ke dinding hidup, termasuk bingkai kayu dan bingkai logam tertentu.

Kami jasa taman surabaya juga dapat mewarnai atau mengecat bingkai untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan klien.

Bingkai yang berbeda biaya jumlah yang berbeda. Misalnya, bingkai Redwood lebih mahal daripada bingkai aluminium.

Juga, ukuran instalasi akan ikut bermain lagi. Semakin besar pemasangannya, semakin banyak bingkai yang perlu Anda beli!

Jenis Tanaman

Faktor lain dalam biaya pembuatan vertical garden per meter M2 adalah tanaman yang Anda pilih untuk pemasangan.

Jika Anda pergi ke pembibitan tanaman mana pun, Anda akan segera menemukan bahwa harga tanaman yang berbeda dapat bervariasi dengan selisih yang lebar.

kami jasa taman Surabaya akan menawarkan klien kami banyak pilihan tanaman yang berbeda, yang berarti biaya Anda akan berubah tergantung pada tanaman yang anda pilih sehingga kami akan mendesain terlebih dahulu.

Perlu diingat, instalasi yang lebih besar membutuhkan lebih banyak pabrik, sehingga biaya antara pabrik dengan harga lebih rendah dan lebih mahal akan lebih mahal untuk instalasi yang lebih besar.

Layanan Perawatan dan Pemeliharaan

Pertimbangan biaya pembuatan vertical garden per meter M2 terakhir yang harus diperhatikan bukanlah harga pemasangan itu sendiri, melainkan harga pemeliharaan.

Tergantung pada preferensi Anda, Anda mungkin ingin menyewa perusahaan untuk merawat dinding hidup Anda atau melakukan perawatan sendiri.

Anda akan membayar dengan uang atau waktu Anda, yang memiliki nilainya sendiri. kami jasa taman Surabaya menawarkan layanan pemeliharaan berkelanjutan untuk semua instalasi kami dengan biaya pembuatan vertical garden per meter M2 yang wajar.

Harga Vertical Garden Per Meter

Dinding hijau telah menikmati peningkatan popularitas yang stabil sejak pertengahan 1980-an, dan tidak mengherankan mengapa menjadi trens sampai saat ini.

Instalasi terkenal ada di kota-kota. Tanaman hijau yang rimbun yang mengganggu lanskap kota yang tampak menjemukan adalah pemandangan yang indah, melegakan bagi para pengunjung kota.

Dinding hijau datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan konstruksinya bervariasi, tergantung pada iklim dan kota tempat mereka tinggal.

Baca juga 7 Kelebihan Dan Kekurangan Vertical Garden

Dinding dalam ruangan diberikan paling beragam dalam penanaman (iklimnya dikendalikan oleh sistem HVAC) sementara dinding luar biasanya akan mencerminkan zona iklim lokal.

Pemandangan yang indah bukan satu-satunya manfaat untuk dinding hijau, karena kita akan melihat ada banyak alasan selain kecintaan pada rumput dan bunga yang mendorong keputusan di balik konstruksi dinding hijau.

Cara Membuat Vertical Garden Sederhana

Seperti disebutkan, cara sederhana untuk membuat DIY dinding hidup Anda sendiri, yaitu menggunakan kain kantong saku sebagai media tanam.

Dinding ruang tamu Anda tidak perlu menutupi seluruh dinding, tetapi Anda bahkan dapat mengubah sebagian kecil saja untuk menambahkan sentuhan dekoratif pada ruang Anda.

Terlebih lagi, dinding hijau Anda akan berubah seiring pertumbuhannya, sehingga dapat didesain ulang dengan mudah dengan menambahkan tanaman yang berbeda, dan seringkali portabel. Kebahagiaan.

Alat dan Bahan

  • Penanam Wonderwall Pocket
  • Bor, sekrup, sumbat rawl (untuk menempel ke dinding)
  • Palu dan paku (untuk menempel pada pagar)
  • Tanaman dalam pot 13cm (jumlah tergantung pada berapa banyak kantong yang harus Anda isi)
  • Tanah atas

Langkah-Langkah Membuat Vertical garden

1. Menentukan Lokasi Yang Tepat

Anda dapat menempatkan dinding hidup Anda di mana saja – triknya adalah benar-benar memilih tanaman yang tepat untuk bagian taman itu, seperti halnya Anda membuat perbatasan.

Apakah ada tempat teduh yang akan diubah dengan dedaunan yang rimbun dan menyukai keteduhan, atau area yang cerah untuk menara herba?

Jika Anda merencanakan dinding hidup di area yang terang, maka ini akan memengaruhi pilihan tanaman Anda dan hal-hal seperti sukulen akan senang di sana. Jika lebih lembab, Anda akan menginginkan pakis dan tanaman tropis teduh lainnya.

Di atas segalanya, pastikan Anda dapat mengakses semua area dinding hidup untuk penyiraman dan pemeliharaan.

2. Siapkan Dinding Area

Dinding ruang tamu bisa menjadi lembap, jadi Anda perlu mengetahui dinding atau permukaan yang digunakan untuk melindunginya.

Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan membran atau memastikan ada celah antara dinding hijau dan dinding taman pilihan Anda.

Pastikan permukaan kayu yang Anda gunakan memiliki lapisan cat eksterior yang bagus. Anda juga ingin memastikan bahwa semua gulma atau tanaman yang tumbuh di permukaan Anda telah disingkirkan di area yang ingin Anda tanam.

Jika dinding ruang tamu Anda akan digantung di atas dek, pastikan Anda merawatnya dengan benar sehingga air yang keluar dari tanaman tidak akan menyebabkan kerusakan.

3. Pasang Rak Teralis

Pasang tanaman ke dinding, pastikan jaraknya sama dan setiap baris terselip pas di bawah yang di atas. Sebaiknya gunakan sekrup jika Anda memasangnya ke dinding; pagar yang kokoh mungkin membutuhkan paku yang kuat.

4. Pilih Jenis Tanaman

Ada banyak cara untuk menata dinding ruang tamu Anda. Untuk efek dramatis, gunakan tanaman panjang yang membuntuti, seperti pakis dan ivy, yang akan membuat dinding Anda terlihat penuh.

Sebagai alternatif, pot buah dan sayuran, seperti tanaman tempat tidur tomat, atau buat kebun herbal dengan pilihan favorit Anda.

Baca juga √ 10 Jenis Tanaman Vertical Garden Tahan Panas Terbaik

Gunakan tanaman tahan penyakit yang berumur panjang yang ringan dengan akar yang dangkal, karena akan membatasi ruang akar.

Untuk efek sepanjang tahun, pilih sebagian besar evergreen, lalu sorot dengan warna musiman.

Anda bisa menanam makanan yang bisa dimakan, bunga dan dedaunan yang cantik; imajinasi Anda adalah satu-satunya batas.

Makanan yang dapat dimakan membutuhkan tempat yang cerah – herba, stroberi, tomat, dan daun salad semuanya tumbuh dengan baik secara vertikal.

Untuk tanaman hias cerah coba helianthemum, sedum, aster, euphorbia dan festuca. Pilihan untuk naungan termasuk pakis, bromeliad, ajuga, heucheras dan tiarella.

Jika Anda ingin lebih banyak ide taman anggaran untuk menghidupkan tampilan ini, cobalah dan gunakan tanaman kecil saat menanam dinding hijau Anda karena lebih murah, lebih mudah ditanam, dan akan tumbuh dengan cepat.

Lihat juga pekebun DIY kami, untuk tampilan yang sangat cantik. Ingat, penanaman yang benar dan perawatan rutin adalah penting dan melakukannya dengan benar pertama kali akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang!

5. Memilih Ukuran Pot

Isi pot berukuran 13cm/ukuran yang Anda butuhkan dengan tanah dan tambahkan tanaman Anda, pastikan mereka ditanam dengan kuat dan pot diisi dengan lebih banyak tanah.

6. Menanam Tanaman Ke Pot

Setelah Anda selesai melakukannya, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan pot ke dalam saku, mundur dan mengagumi hasil karya Anda.

7. Irigasi dan Pemeliharaan

Untuk penyiraman tangan, sirami tanaman bagian atas saat mereka terlihat agak sedih dan seluruh dinding akan terendam dengan baik.

Dinding hidup harus bertahan selama sekitar empat tahun, dan untuk menjaga Anda tetap terlihat bagus, pastikan untuk menanam kembali saat tanaman melebihi ruang mereka.

Layanan Jasa Pasang Vertical Garden

Cara menghemat uang, waktu dan tenaga anda untuk biaya pembuatan vertical garden per meter M2. Dalam beberapa situasi,

klien potensial datang kepada kami dengan ide besar untuk dinding hidup yang besar hanya untuk mengalami kejutan stiker saat kami menawarkan tawaran.

Sekali lagi, faktor biaya pembuatan vertical garden per meter M2 terbesar adalah ukuran instalasi! Klien potensial ini kemudian bertanya kepada kami bagaimana mereka dapat menghemat uang untuk proyek dinding hidup mereka.

Anda mungkin tidak akan terkejut dengan apa yang kami sampaikan kepada mereka. Cara terbaik untuk menghemat uang pada dinding hidup Anda adalah dengan mengecilkan ukuran dinding.

Anda tidak ingin mengambil jalan pintas pada desain dinding atau akan terlihat buruk, yang akan menghilangkan seluruh tujuan proyek.

Sebagai gantinya, kami jasa taman Surabaya ingin menunjukkan kepada klien bahwa instalasi yang lebih kecil masih bisa terlihat luar biasa.

Salah satu pilihan bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas adalah berinvestasi dalam bingkai dinding hidup yang lebih kecil yang dapat digantung secara artistik di dinding.

Ini akan tetap menciptakan tampilan dinding hidup yang menarik dengan label biaya pembuatan vertical garden per meter M2 yang jauh lebih bersahabat.

Cara terbaik untuk mengetahui berapa biaya pembuatan vertical garden per meter M2, adalah dengan meminta perkiraan. Beritahu kami visi Anda, dan kami akan dengan senang hati memberi Anda penawaran.

8 Manfaat taman vertikal garden

Vertical garden ataua Dinding hijau adalah salah satu cara jitu untuk meningkatkan penampilan struktur bangunan, tetapi selain dari faktor estetika, ia juga menawarkan manfaat luar biasa lainnya:

1. Manfaat Visual

Mereka dapat membuat pernyataan yang menakjubkan dengan menghasilkan lingkungan yang memikat dan mengundang.

Penduduk selalu disambut oleh lingkungan hijau yang rimbun, juga menciptakan efek menenangkan karena berada di sekitar banyak dedaunan.

Selain itu, dinding ini berfungsi sebagai sistem penyaringan udara alami, yang berarti lebih banyak udara segar untuk dihirup, pada dasarnya dinding ini adalah penyedia kesehatan dan pikiran yang sehat.

Nah, perlu diingat bahwa untuk visual yang indah memerlukan bahan material yang berkualitas dan tentunya ini akan berpengaruh pada biaya pembuatan vertical garden per meter M2.

2. Kredit/Keberlanjutan

Pemasangan taman vertikal dapat memperoleh kredit bangunan dari sertifikasi bangunan Hijau yang diakui seperti LEED (Kepemimpinan dalam Desain Energi dan Lingkungan).

Lebih banyak poin berarti peningkatan jejak karbon dan peningkatan nilai properti sehingga biaya pembuatan vertical garden per meter M2 menjadi lebih mahal.

3. Peningkatan Kualitas Udara

Dinding hijau vertikal adalah filter udara alami, ini membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan menyegarkan yang membantu meningkatkan kesehatan dan produktivitas penghuni.

Mengingat lingkungan kantor yang khas, di mana para pekerja terpapar racun udara berbahaya seperti karbon monoksida, formaldehida, Benzena, dan VOCS,

taman vertikal di lingkungan seperti itu dapat memecah racun berbahaya sambil melepaskan oksigen segar ke udara tempat kerja.

4. Pengurangan Biaya Energi

Dinding hijau vertikal interior dan eksterior melalui proses yang disebut “evapotranspirasi” mendinginkan udara di bulan-bulan musim panas yang lebih panas.

Selama bulan-bulan musim dingin, itu menambah isolasi bangunan sehingga mengurangi biaya energi yang dibutuhkan untuk pemanasan bangunan.

Taman vertikal eksterior dapat mengurangi suhu permukaan dinding hingga hampir 50 derajat °F,

ini dapat membantu dalam penghematan energi yang signifikan salah satu alasan biaya pembuatan vertical garden per meter M2 menjadi lebih tinggi.

5. Pengurangan Tingkat Kebisingan

Salah satu manfaat taman vertikal yang kurang diketahui, struktur ini dapat mengurangi tingkat kebisingan di gedung.

Di seluruh dunia, tanaman digunakan untuk mengurangi tingkat kebisingan di sepanjang jalan raya dan jalan raya. Taman vertikal dapat memperluas ide ini karena vegetasi ‘secara alami’ menghalangi suara frekuensi tinggi.

Dinding ini bertindak sebagai insulasi ekstra dengan lapisan udara antara tanaman dan dinding. Selain itu, mereka dapat mengurangi tingkat kebisingan dengan membiaskan, memantulkan, dan juga dengan menyerap energi akustik.

6. Kurangnya Ketergantungan Pada Tanah

Seperti namanya, semuanya tumbuh ke atas daripada membentang secara horizontal. Taman vertikal mengandalkan rak dan dapat dibangun secara efektif sebagai menara yang berarti tidak perlu berinvestasi di lahan yang sulit dipahami.

7. Lebih Sedikit Biaya Overhead

Dalam hal penggunaan air, pertanian vertikal mengkonsumsi air 90% lebih sedikit daripada taman tradisional,

ini karena air terus-menerus mengalir dan digunakan kembali ini alasan mengapa biaya pembuatan vertical garden per meter M2 lebih mahal.

Tapi, penghematan yang lebih besar datang dalam bentuk tenaga kerja. Pengaturan taman mewah yang besar menuntut banyak tenaga kerja untuk memeliharanya,

tetapi dengan taman vertikal, hanya satu profesional ahli yang dapat melakukan pekerjaan memantau tanaman dan memastikan bahwa semua parameter sudah benar.

8. Struktur Bangunan Perisai

Bangunan dapat terpengaruh secara merugikan oleh fluktuasi suhu yang menyebabkan material berkontraksi dan mengembang, yang seiring waktu menyebabkan kerusakan, retakan, dan retakan.

Memiliki taman vertikal eksterior melindungi bangunan maka biaya pembuatan vertical garden per meter M2 tidaklah murah.

karena tidak hanya dari fluktuasi suhu tetapi juga mengalihkan air dari dinding saat hujan deras dan juga memberikan perlindungan dari radiasi UV yang berbahaya.

Contoh Taman Vertikal Garden Outdoor

Dinding hijau (green wall) alias dinding hidup atau taman vertikal, semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama di lingkungan perkotaan.

Anda dapat menemukannya di mana-mana, dari halaman depan hingga kantor perusahaan hingga museum seni.

Jadi, apa sebenarnya dinding hijau itu?

Bagaimana cara kerjanya?

Bisakah Anda memasukkannya ke dalam desain rumah atau lansekap Anda sendiri?

Dan mengapa Anda bahkan ingin?

Kami akan menjelajahi semua yang mungkin ingin Anda ketahui tentang kegemaran ramah lingkungan yaitu dinding hijau.

Biaya Pembuatan Vertical Garden Per Mater M2

Biaya Pembuatan Vertical Garden Per Mater M2

Biaya Pembuatan Vertical Garden Per Mater M2

Harga Vertical Garden Sintetis

Apa itu taman vertikal sintetis/buatan? Sesuai namanya, taman ini adalah taman yang dihias dalam ruang-ruang vertikal seperti pagar pembatas,

dinding kayu, dinding bata, dll dengan memasang tanaman palsu sebagai pengganti tanaman asli, sehingga tidak memerlukan perawatan apapun.

Sebuah taman vertikal sintetis/buatan yang sempurna dapat menunjukkan tampilan realistis yang hampir tidak dapat Anda bedakan dari tanaman alami tetapi biaya pembuatan vertical garden per meter M2 juga harus besar.

Membangun dinding taman palsu menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang memiliki keterbatasan ruang horizontal tetapi ingin menutupi dinding yang tidak menarik, atau hanya menginginkan sesuatu yang berbeda.

Biaya pembuatan vertical garden per meter M2 sintetis sama dengan berbahan alami kisaran 1,5 juta sampai Rp. 2.5 juta per meter perseginya termasuk ranka dan tanaman hias buatan (artifisial)

Cara Membuat Vertical Garden Sintetis

Taman vertikal sintetis terbuat dari apa?

Bahan dari taman vertikal buatan akan tergantung pada jenis dan kualitas produk yang Anda beli jadi tergantung biaya pembuatan vertical garden per meter M2 yang anda siapkan.

Tanaman tiruan yang murah bisa dibuat dari plastik, sutra, dan kertas. Beberapa yang lebih murah bahkan bisa menggunakan bahan yang mengandung logam berat.

Di ujung spektrum yang lebih baik, panel taman vertikal kami terbuat dari bahan sintetis berkualitas tinggi dan telah diuji UV, sehingga akan tetap indah selama bertahun-tahun yang akan datang.

Panel dinding hijau kami bahkan telah memperoleh sertifikasi proteksi kebakaran resmi, menjadikannya bagian yang aman dan indah untuk ruangan Anda.

Sertifikat apa yang harus dimiliki tanaman buatan berkualitas tinggi tentunya biaya pembuatan vertical garden per meter M2 akan lebih mahal?

Beberapa sertifikasi SGS penting diperlukan, seperti sertifikat perlindungan UV, laporan bebas logam berat, dan laporan uji tahan api untuk proyek komersial besar.

Manfaat taman vertikal sintetis

Taman vertikal dengan tanaman buatan tidak membutuhkan penyiraman, pemupukan, dan pengendalian hama.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang pemangkasan taman vertikal, karena mereka adalah tanaman hijau abadi yang mempertahankan bentuk luar biasa sepanjang hidup mereka!

Mereka juga mudah disesuaikan dengan ruang Anda karena Anda dapat memasang dan membentuk kembali tanaman taman vertikal seperti yang Anda inginkan.

Tahapan Membuat Taman Vertikal Sintetis

Temukan lokasi yang ideal. Pertama-tama, Anda harus memilih permukaan di rumah Anda yang ingin Anda hiasi panel taman vertikal. Itu bisa di balkon Anda, halaman belakang Anda, atap Anda, atau di mana saja di rumah Anda.

Secara umum, Anda tidak perlu khawatir tentang estetika pemasangan, karena panel tanaman ini dapat dipotong, ditekuk, dan dilekatkan pada hampir semua permukaan baik datar maupun berkontur.

Misalnya, sepotong panel berukuran 1 m x 1 m dapat digunakan sebagai pengganti lukisan seni Anda. Pertama, buang gambar atau lukisan seni lama Anda untuk mengembalikan rumah Anda ke tampilan aslinya.

Berbeda dengan lukisan, dinding taman buatan yang terbuat dari dedaunan dengan berbagai bentuk, menampilkan efek tiga dimensi, penuh keagungan, kerumitan, dan keragaman.

Terima kasih telah membaca artikel kami jasa taman Surabaya tentang biaya pembuatan vertical garden per meter M2 semoga bermanfaat.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Heit, Butuh Jasa Taman Ya..!!
Open chat
Aghna Garden
Silahkan Chat Untuk Info Lebih Detail